12 Akibat Kelebihan Asam Amino dalam Tubuh

12 Akibat Kelebihan Asam Amino dalam Tubuh

Asam amino atau banyak paramedis menyebutnya dengan protein, asam amino merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam mempertahankan kesehatan setiap hari.

Dan menurut beberapa penelitian bahwa tubuh manusia juga mampu memproduksi asam amino sendiri, jumlah asam amino dalam tubuh dapat bertambah dengan adanya konsumsi makanan yang mengandung asam amino dari luar tubuh.

Untuk keseimbangan kesehatan, tubuh tidak boleh kekurangan asupan asam amino, namun kelebihan asam amino bagi tubuh juga berdampak pada kesehatan.

Jenis Makanan yang Mengandung Asam Amino

Selain tubuh bisa memproduksi asam amino sendiri namun asupan seimbang dari sari makanan yang mengandung asam amino dari luar tubuh juga diperlukan, berikut jenis makanan yang mengandung asam amino, diantaranya : Kacang kenari, Alpukat, Brokoli, Ragi bergizi, Sayuran dengan warna hijau yang pekat, Blueberry, Quinoa, Kacang-kacangan dan lentil, Wijen, Tahini, Daging, Telur, Susu, Unggas

Dan masih banyak lagi lainnya termasuk sumber makanan yang berasal dari laut, seperti daging ikan dari laut semuanya mengandung asam amino. Dalam kehidupan sehari-hari asam amino merupakan kebutuhan pokok tubuh dan harus ditunjang dengan asupan dari sember protein luar tubuh.

Sehingga kekurangan asam amino dapat terhindar, namun kelebihan asam amino bagi tubuh dapat mengakibatkan bahaya kesehatan, sehingga hindari penggunaan obat atau kapsul yang mengandung asam amino sebagai suplemen tubuh tanpa bimbingan dokter.

Asam Amino Berlebih Dalam Tubuh

Berikut ini beberapa Akibat Kelebihan Asam Amino dalam Tubuh, diantaranya adalah :

  1. Menyebabkan Alergi

Zat asam amino bisa dianggap zat asing oleh tubuh apabila masuk dalam tubuh dan belum diproses menjadi nutrisi lalu masuk ke dalam aliran darah melalui usus. Dengan begitu zat asam amino direspon oleh tubuh sebagai benda tidak dikenal dan membuat otak merespon dengan memberikan sinyal bagi tubuh untuk menahan dan menghancurkannya agar tidak menyebar keseluruh sel, dalam proses penghancuran itulah timbul reaksi alergi, yang berupa penyakit chorn dan kolagen.

  1. Gangguan Hati dan Ginjal

Bila terjadi kelebihan asam amino dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine dan yang mengandung urea, sehingga bila produksi asam amino dalam tubuh mengalami peningkatan besar maka kinerja hati dan ginjal terganggu. Kelebihan asam amino dalam tubuh membuat hati dan ginjal akan terus fokus untuk mengeluarkan sisa kelebihannya dan hal itu berdampak buruk pada kedua organ ini.

  1. Memicu Sel Kanker

Pengkonsumsian daging secara berlebihan membuat asam amino dalam tubuh bertambah. Dan yang terpenting adalah daging memiliki racun yang mampu mengubah sel tubuh yang sehat menjadi sel kanker.

Daging yang memiliki lemak di dalamnya membuat bahaya bagi kesehatan, kelebihan asam amino dalam tubuh dikarenakan daging membuat peradangan dan dapat menimbulkan kerusakan pada sel darah putih serta limssofit.

  1. Tubuh Kekurangan Kalsium

Kandungan asam amino yang berlebih dalam tubuh menyebabkan kondisi darah berubah menjadi lebih asam dan untuk mentralisir keadaan ini tubuh membutuhkan kalsium yang tinggi sesuai kadar asam dalam darah.

  1. Dehidrasi disertai Lemas

Tubuh mampu memproduksi asam amino sendiri, sehingga batas asupan dari luar harus dikurangi. Dengan kelebihan asam amino dalam tubuh membuat tubuh kesulitan menyerap zat ini sehingga membuat tubuh kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi yang disertai lemas-lemas pada persendian.

  1. Gangguan pada Sistem Saraf

Kelebihan asam amino dalam tubuh membuat sistem saraf terganggu yang menimbulkan dampak pada psikologis, mudah tersinggung, malu, gelisah dan takut. Hal psikologis ini dipengaruhi oleh kadar kelebihan asam amino dalam tubuh yang mengganggu kinerja saraf otak.

  1. Munculnya Asidosi

Asidosi adalah kondisi dimana kelebihan asam amino dalam tubuh yang menyebabkan keluhan dan ketidakseimbangan hormon serta ion pada tubuh manusia. Keluhan Asidosi kesehatan ini terjadi di sekitar perut seperti sembelit, dan bahkan dapat menyebabkan demam tubuh.

  1. Daya Ingat Menurun

Kelebihan asam amino dalam tubuh juga bisa menyebabkan gangguan pada ingatan, atau lebih tepatnya menurunkan daya ingat seseorang. Hal ini dikarenakan sumbatan aliran darah ke jantung yang mengalami kelancaran aliran darahnya, sehingga meningkatkan kadar asam tubuh meningkat. Kelebihan asam amino dalam tubuh juga bisa menyebabkan depresi.

  1. Rambut Rontok

Asam amino bermanfaat dalam mencegah rambut rapuh dan rontok sehingga bila terjadi kelebihan asam amino dalam tubuh akan terjadi sebaliknya yakni membuat rambut menjadi rontok dan rapuh.

  1. Menimbulkan Peradangan

Jumlah atau kadar asam amino yang abnormal dalam tubuh membuat sulit dalam penyembuhan luka dan infeksi karena bakteri. Kelebihan asam amino dalam tubuh menjadi penyebab sulitnya luka pada kulit sulit disembuhkan.

Namun bila kadar asam amino seimbang membuat luka dan infeksi bakteri dapat sembuh dengan mudah  (ingat kadar asam amino dalam tubuh seimbang).

  1. Osteoporosis

Bila kadar  asam amino dalam tubuh berlebih dari batas wajar maka akan menjadikan tulang terkena osteoporosis dan penuaan dini. Namun kebalikannya bila kadar asam amino seimbang membuat tubuh memproduksi hormon dan memadatkan tulang, serta meningkatkan sel kolagen.

  1. Menyebabkan Fungsi Persendian Menurun

Kelebihan asam amino dalam tubuh menyebabkan kepadatan tulang terganggu sehingga fungsi sendi pada tubuh juga mengalami penurunan. Dan dalam hal ini bila seseorang sudah mengalami masalah persendian yang disebabkan kadar abnormal asam amino maka akan terserang osteoporosis bila kadar asam aminonya tidak diturunkan.

Itulah beberapa Akibat Kelebihan Asam Amino dalam Tubuh manusia, jadi bila Anda ingin sehat mulailah menjalani gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat serta tidak berlebih. Semoga info ini bermanfaat bagi  Anda serta keluarga atau orang yang Anda sayangi, selamat mencoba berubah ke pola hidup sehat guna kesehatan yang terjaga.